Tidur Nyaman Dalam Penerbangan, 8 Trik Menyiasati

Tidur nyaman dalam penerbangan termasuk sulit dilakukan, terutama jika kita melakukan penerbangan jauh. Lintas benua, misalnya. Terbang dengan pesawat lebih dari 2 jam membuat orang memilih untuk menghabiskan sebagian waktunya untuk tidur. Tidur-tidur ayam, kata orang.

Tidur Nyaman Dalam Penerbangan

Namun, bagaimana jika harus terbang lebih dari 5-6 jam. Bahkan sampai 20 jam lebih. Ini tentu butuh strategi tersendiri supaya bisa memejamkan mata dan merebahkan badan walau di kursi yang tidak terlalu lebar. Tapi bisa diupayakan dengan berbagai cara.

Dalam perjalanan jauh, tentu yang cukup sulit dilakukan adalah tidur yang nyenyak. Apalagi sejumlah maskapai memiliki ruang untuk kaki yang cukup sempit. Jarak antara kursi yang kita duduki dan kursi di depannya hanya ada ruang satu kepalan tangan atau satu kilan. Namun tetap ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Mulai memilih makanan hingga posisi tidur. Beberapa trik tersebut ada di bawah ini. Mudah-mudahan bisa membantu!

tidur nyaman dalam penerbangan harus disiasati agar tiba di tempat tujuan dengan nyaman.
Suasana Bandar Udara Sukarno Hatta, Cengkareng, Tangerang

Penerbangan Dengan Kursi Lebih Lebar

Jika Anda hapal dengan model dan interior maskapai-maskapai penerbangan, pilih maskapai yang dikenal mendesain kursinya lebih lebar. Beda 1 inci bisa menyebabkan kualitas tidur kita. Pilih juga maskapai yang memiliki jarak baris antarkursi cukup lebar. Ruang kaki yang cukup longgar membantu tubuh kita lebih rileks.

Hindari Gula, Kafein, dan Alkohol

Bila ingin tidur dengan lelap selama perjalanan, sebaiknya hindari mengkonsumsi camilan dan minuman yang kaya akan gula, kafein, dan alkohol. Sajian yang harus dipilih berupa camilan kaya karbohidrat, seperti sereal. Itu pun harus sejam sebelum jadwal tidur.

Banyak penumpang pesawat memilih meminum minuman beralkohol dengan asumsi akan membantu cepat tidur. Namun, jangan salah, asupan alkohol hanya akan mengganggu mekanisme tubuh kita. Demikian pula dengan kafein. Ia cuma mampu menolong melek lebih lama sedikit. Selebihnya tubuh justru lebih lelah.

Hindari Cahaya

Matikan lampu, hindari sinar termasuk dari perangkat eletronik, seperti laptop dan tablet. Jika Anda berada di kursi yang dekat gang (isle) mintalah teman perjalanan Anda yang berada di dekat jendela menurunkan tirai atau shield. Atau, Anda bisa memilih mengunakan penutup mata jika sungkan meminta penumpang di dekat jendela menutup tirai jendela. Kenakan penutup mata juga bila penumpang di sebelah Anda memilih untuk membaca. Hal lain yang bisa dilakukan adalah memilih lagu-lagu, baik dari flight entertainment atau gawai milik Anda sendiri, yang menenangkan sehingga Anda bisa tertidur pulas.

Ganjal Kaki

Bila tubuh Anda tidak terlalu tinggi atau kaki Anda cukup pendek, cobalah menaruh barang di bawah kursi penumpang di depan Anda bisa tas atau barang bawaan lain yang tidak mudah pecah. Jadikan tas atau bawaan tadi sebagai tempat untuk menaruh kaki sehingga kaki Anda tidak menggantung.

Lepaskan sepatu dan gunakan kaus kaki yang masih bersih sehingga tidak mengganggu penumpang sekeliling karena bau tak sedap. Kaki yang rileks membantu sirkulasi darah dan menyebabkan tubuh lebih segar.

Tidur Nyaman Dalam Penerbangan, 8 Trik Menyiasati
Tidur nyaman dalam penerbangan dalam posisi duduk bisa tetap nyaman meski situasi terbatas. Foto: Dok. unsplash

Bantal

Posisikan bantal untuk memberi kenyamanan. Anda beruntung bila duduk dekat jendela. Bantal bisa ditempel di jendela dan membuat Anda dapat lebih cepat tertidur. Anda bisa juga menarik meja di hadapan kemudian taruh bantal dan lengan di atasnya, cobalah untuk menaruh kepala dan terlelap. Jika punya kebiasaan tidur dengan alas kepala yang cukup tebal, bawa jaket atau jas yang bisa dilipat untuk menambahkan alas kepala. Jika udara tidak terlalu dingin, bisa juga menggunakan selimut dari maskapai untuk tambahan tumpukan.

Bersandar di Bahu

Beruntung bila melakukan perjalanan berdua, apalagi dengan pasangan. Sebab, dengan duduk berdampingan, Anda bisa menyandarkan kepala di bahunya untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman.

Turunkan Sandaran Kursi

Anda tetap bisa melakukan cara yang umum, yakni menurunkan sandaran kursi, tentunya tanpa mengganggu penumpang di belakang Anda. Kemudian gunakan penutup mata dan cobalah untuk beristirahat hingga tertidur lelap.

Bangku Kosong

Kadang keberuntungan datang dalam penerbangan jauh, misalnya ada bangku-bangku kosong di jajaran tempat Anda duduk. Jadi Anda bisa merebahkan badan dengan leluasa seperti berada di kelas bisnis dengan tempat tidurnya yang nyaman.

Selain sejumlah kiat di atas, tak ada salahnya memperhatikan jadwal penerbangan yang waktu berangkat dan tiba di tujuan sesuai bioritmik tubuh. Selamat terbang.

agendaIndonesia

*****

Andromeda Evolution adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi khususnya sewa bus pariwisata dengan armada bus terbaru dan modern, dilengkapi berbagai fasilitas untuk kenyamanan perjalanan..

Jalan Jatimekar No. 129 Jatiasih

Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan badan usaha milik negara yang melayani dan mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Saat ini KAI telah memiliki 9..

Tags
Jl. Perintis Kemerdekaan no. 1. Bandung

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan Indonesia yang kini melayani penerbangan menuju 90 destinasi dengan jumlah 144 pesawat yang beroperasi di bawah 5 tahun dan lebih..

Tags
Soekarno-Hatta International Airport, Tangerang

TRAC Astra Rent Car adalah sebuah perusahaan yang membidangi penyewaan mobil, motor, bus dan jasa penjemputan. Resmi beroperasi sejak 1986, kini telah melayani di lebih..

Blue Bird Group adalah sebuah perusahaan yang memusatkan bisnisnya pada moda transportasi, utamanya taksi. Resmi beroperasi sejak 1972, kini mereka telah menjalankan beberapa jenis transportasi..

Yuk bagikan...

Rekomendasi