toko roti orion

Roti Mandarijn oleh-oleh legendaris Solo, mungkinsudah diketahui banyak orang. Bagi para turis dan pengunjung kota Solo, salah satu pusat oleh-oleh yang selalu menjadi buruan adalah toko oleh-oleh Orion yang terletak di kawasan jalan Urip Sumoharjo.

Roti Mandarijn Oleh-oleh Legendaris Solo

Toko roti ini memiliki beberapa produk unggulan buatan sendiri seperti roti lapis mandarijn, roti bolu roll, roti semir dan lain lain di samping beberapa penganan oleh-oleh lainnya.

Toko roti Orion didirikan oleh sepasang suami istri di tahun 1932, tidak jauh dari Pasar Gede Solo. Bangunan yang terkesan kuno ala jaman pendudukan Belanda pun masih tetap dipertahankan hingga saat ini, dengan kanopi berwarna kuning yang kemudian menjadi ciri khas dari toko ini. Satu produk yang kemudian menjadi paling ikonik dan populer adalah roti lapis mandarijn, dinamakan mandarijn karena melambangkan roti kaum priyayi Tionghoa. Roti ini berwujud dua lapis kuning dan coklat bertekstur lembut dipadu dengan selai nanas yang bercita rasa legit.

Ada beberapa jenis roti mandarijn, yaitu roti mandarijn biasa, roti mandarijn kismis serta roti mandarijn spesial, dimana roti juga ditambah rum butter yang lebih banyak. Selain itu pilihan juga dibedakan dari ukuran yang kecil maupun yang besar, dengan harga yang kecil berada di kisaran Rp. 100.000,00-an dan yang besar sekitar Rp. 200.000,00-an. Bagi yang ingin membawa roti ini sebagai oleh-oleh juga tidak perlu khawatir karena walaupun roti ini dibuat tanpa bahan pengawet, roti ini tetap awet hingga sekitar satu minggu.

Selain itu, Orion juga dikenal dengan produk roti bolu roll bernama Roll-O yang dilengkapi selai rasa vanilla, mocca atau campuran dari keduanya, serta roti semir alias roti dua tangkup dengan isi selai krim yang dibedakan dengan roti biasa dengan roti coklat. Harganya berkisar dari Rp. 90.000,00-an untuk Roll-O, sedangkan roti semir sekitar Rp. 50.000,00-an, dengan daya tahan kurang lebih antara 3 sampai 5 hari.

Di luar produk-produk buatan sendiri, Orion juga menjual berbagai jenis penganan lainnya, seperti kue-kue basah, beragam keripik dan kerupuk, dan lain sebagainya. Ini yang menyebabkan Orion hingga kini selalu ramai dan menjadi salah satu pilihan utama sentra oleh-oleh bagi para turis dan pendatang di kota Solo, terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Orion buka setiap hari dari jam 7.30 pagi hingga jam 8 malam, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi (0271) 645214.

Toko Roti Orion

Jl, Jend. Urip Sumoharjo no. 80

Telp. (0271) 645214

Yuk bagikan...

Rekomendasi