Es krim Zangrandi adalah ikon dan legenda kuliner Surfabaya. Foto. ilustrasi unsplash

Es krim Zangrandi atau yang bernama resmi Graha Es Krim Zangrandi, adalah nama yang cukup dikenal publik sebagai salah satu kedai es krim paling legendaris yang terletak di Surabaya. Kini kedai yang sarat sejarah ini sudah beroperasi lebih dari 90 tahun.

Es Krim Zangrandi

Kedai es krim yang berada di kawasan Genteng, tepatnya di jalan Yos Sudarso, ini sudah eksis sejak 1930. Bisa dibilang, kedai ini merupakan salah satu kedai es krim tertua yang ada dan masih eksis di Indonesia saat ini.

Asal usul kedai ini beserta namanya merunut kepada sang pendiri dan pemilik awal kedai, yaitu Roberto Zangrandi. Pria keturunan Italia ini kala itu sedang tinggal di Surabaya bersama keluarganya.

Surabaya sendiri memang dikenal sebagai kota dengan iklim dan suhu yang panas dan gerah. Kebetulan, istri Roberto memiliki keahlian membuat handmade ice cream, sehingga kemudian tercetus keinginan untuk membuka kedai es krim.

Es Krim Zangrandi didirikan pasangan sumai istri asal Italia karena hawa panas Surabaya.
Kedai pertama Es Krim Zangrandi. Foto: Dok Wikimapia.org

Pada 1930 mereka mendirikan kedai Zangrandi Ice Cream. Sejak kemunculannya, tempat ini langsung menjadi salah satu tempat pelesir yang populer, mengingat es krim yang dingin dan manis menjadi kudapan favorit yang cocok bagi iklim kota pahlawan tersebut.

Kedai ini dulunya banyak disinggahi oleh kaum sosialita Belanda pada masa pendudukan. Oleh mereka, kedai ini kerap disebut ‘Mevrouw Zangrandi’, sebuah panggilan mereka kepada sang istri, yang kurang lebih secara harafiah artinya ‘Nyonya Zangrandi’.

Saat itu, ada empat menu andalan yang disediakan, yakni rasa coklat, vanilla, mocca, dan strawberry. Biasanya, es krim kemudian disajikan di piring masih dengan kertas pembungkusnya, yang kemudian menjadi salah satu ciri khas kedai ini.

Dalam perkembangannya, mereka pun berinovasi dengan rasa-rasa lain. Misalnya rasa tutti frutti dan macadonia yang khas dan digemari banyak orang, dengan cita rasa rum­-nya yang kuat. Bahkan, ada pula es krim soda yang unik dan berbeda dari es krim umumnya.

Suasana Resto Es Krim Zangrandi
Suasana Graha Es Krim Zangrandi. Foto: dok busniness site Zangrandi Ice Cream

Namun setelah 30 tahun berjualan, pada 1960 Roberto Zangrandi bersama keluarganya berniat untuk pulang kampung ke Italia. Mengingat kedai es krimnya telah kadung populer dan menjadi ikon tersendiri, ia lantas mencari orang yang mau mengambil alih dan mengelola kedai.

Adalah Adi Tanumulia, seorang pebisnis di bidang winery, yang kemudian melihat peluang bisnis dan memutuskan untuk membeli kedai tersebut. Sepeninggal keluarga Zangrandi, dialah yang kemudian melanjutkan bisnis kedai es krim ikonik ini.

Ia mendapat izin untuk terus menggunakan nama Zangrandi, sehingga kedai bersalin nama menjadi Graha Es Krim Zangrandi yang hingga kini menjadi nama resmi kedai ini. Selain itu, ia juga mendapatkan resep membuat homemade ice cream milik keluarga Zangrandi.

Alhasil, cita rasa es krim Zangrandi yang legendaris itu dapat terus dipertahankan sampai sekarang.  Bahkan belakangan muncul menu-menu baru seperti rasa kopyor, durian, dan raspberry.

Selain itu, kedai ini pun terus berinovasi mengikuti perkembangan jaman dan menelurkan beragam menu-menu baru. Misalnya noodle ice cream, yang dibentuk seakan-akan mirip mie dengan warna kuning khasnya, dipadu dengan saus coklat, taburan kacang dan buah cherry.

Ada pula menu unik nan ikonik yang dinamakan love deal. Menu ini menawarkan enam scoop es krim dengan rasa yang berbeda, yang dipadu dengan saus coklat dan disajikan di atas piring berbentuk hati. Hingga kini, ini merupakan salah satu menu favorit pelanggan.

Menu Es Krim Zangrandi
Menu andalan Zangrandi Surabaya. Foto: dok. Zangrandi Ice Cream business site

Menu-menu es krim lain yang populer seperti banana split dan avocadocano pun turut dihadirkan. Selain itu, kini pengunjung juga bisa menikmati es krim dalam format scoop yang disajikan dalam satu cup berukuran kecil, atau menggunakan cone.

Belakangan kedai ini tak hanya menyajikan es krim saja, tetapi juga menawarkan penganan cemilan lainnya seperti risoles, pastel, kroket, siomay dan lumpia. Harganya mulai dari Rp 13 ribu sampai 16 ribu.

Tak hanya itu, minuman bertemakan es krim pun juga kini tersedia. Contohnya dazzling night yang merupakan minuman rasa sarsaparilla yang dipadu dengan es krim vanilla, atau lovely shake yang berupa susu murni dipadu dengan es krim rasa pilihan pengunjung.

Hingga kini, keluarga Tanumulia masih menjadi pemilik kedai ini, dengan sang cucu Felix Tanumulia yang sehari-harinya mengurus dan mengelola kedai. Komitmen mereka dalam mempertahankan bisnis ini terlihat dari pemugaran kedai, serta inovasi dan kualitas menu.

Beberapa ciri khas kedai ini masih berusaha dipertahankan, semisal proses pembuatan es krim yang masih menggunakan tangan dan meminimalisir penggunaan mesin. Bahan baku yang digunakan juga alami, seperti susu, gula, dan buah-buahan asli, tanpa pewarna dan pengawet.

Sampai sekarang pun, kalau berkunjung ke kedai ini masih sangat terasa nuansa arsitektur gaya kolonial tempo dulu. Meja dan kursi rotan berwarna merahnya masih terus dipertahankan hingga kini. Bangunan bergaya klasik mirip joglo itu pun tak banyak berubah.

Tersedia area indoor maupun outdoor untuk menikmati es krim ini. Di bagian indoor, pengunjung dapat bernostalgia sambil melihat berbagai koleksi foto-foto suasana kedai ini di masa lalu, yang dipamerkan di dinding-dinding kedai.

Dengan nilai sejarahnya yang begitu tinggi, akhirnya di tahun 2009 silam Graha Es Krim Zangrandi resmi ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Walikota Surabaya pada saat itu, Bambang Dwi Hartono.

Untuk urusan harga, sebagian besar menu-menu di kedai ini memang tak begitu murah, namun juga tak tergolong sangat mahal. Es krim scoop misalnya, berkisar dari Rp 30 ribu sampai 33 ribu, bergantung dari penggunaan cup atau cone.

Kemudian untuk sliced ice cream yang masih disajikan dengan kertas pembungkus khasnya itu, kini dijual seharga Rp 37 ribu. Sedangkan harga menu-menu specialties seperti banana split, noodle ice cream dan avocadocano harganya berkisar mulai Rp 45 ribu hingga 49 ribu.

Khusus menu andalan love deal, menjadi menu termahal di kedai ini dengan harga Rp 69 ribu. Yang unik, kini setiap bulannya kedai ini akan menyajikan menu-menu specialties seharga Rp 49 ribu untuk menarik animo pengunjung.

Adapun harga menu-menu minuman dihargai Rp 45 ribu. Di luar menu-menu tersebut, Graha Es Krim Zangrandi juga menawarkan pemesanan ice cream tart, dengan ukuran diameter 21 cm dibandrol Rp 390 ribu, serta untuk diameter 29 cm harganya Rp 450 ribu.

Graha Es Krim Zangrandi buka setiap hari dari jam 10.00 hingga jam 22.00. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi (031) 5345820 atau mengunjungi akun resmi Instagram @zangrandi.icecream.

Zangrandi Ice Cream

Jl. Yos Sudarso no. 15, Surabaya

agendaIndonesia/Audha Alief P.

*****

Yuk bagikan...

Rekomendasi